Gunakan kalkulator online SolusiPajak.id untuk menghitung estimasi potongan PPh Pasal 21 skema Tarif Efektif Rata-Rata (TER) sesuai PP No. 58/2023 & PMK 168/2023, PPh Final UMKM 0.5% (PP 55/2022), serta simulasi PPN dan PPh Badan terbaru.
Panduan Skema Tarif Efektif PPh 21 TER
Mulai 1 Januari 2024 hingga saat ini, pemerintah memberlakukan skema perhitungan PPh 21 menggunakan Tarif Efektif Rata-Rata (TER) untuk masa pajak selain masa pajak terakhir (Januari โ November).
๐ Pembagian Kategori TER:
- TER Kategori A: Untuk PTKP TK/0 (Rp 54 Juta), TK/1 (Rp 58.5 Juta), dan K/0 (Rp 58.5 Juta).
- TER Kategori B: Untuk PTKP TK/2, TK/3, K/1, dan K/2.
- TER Kategori C: Khusus untuk status PTKP K/3 (Kawin dengan 3 tanggungan).
Dasar Pengenaan Pajak UMKM 0.5%
Sesuai PP No. 55 Tahun 2022, Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM dengan omzet tahunan sampai dengan Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) tidak dikenai PPh Final (bebas pajak). Pajak 0.5% hanya dipotong atas bagian peredaran bruto yang melebihi batas Rp 500 juta.
Apakah kalkulator ini sesuai dengan aturan resmi DJP?
+
Ya, kalkulator ini telah disesuaikan secara presisi dengan formula resmi PP No. 58 Tahun 2023, PMK No. 168 Tahun 2023, dan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).
Bagaimana jika perhitungan di perusahaan saya berbeda?
+
Perbedaan dapat terjadi karena adanya komponen tunjangan tidak teratur, bonus, THR, natura, atau iuran BPJS yang ditanggung pemberi kerja. Untuk rekonsiliasi payroll akurat, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan konsultan kami.
Butuh Bantuan Konsultan Pajak Berlisensi?
Solusipajak.id siap membantu penyusunan SPT, audit, tax planning, hingga migrasi sistem Coretax DJP perusahaan Anda.